Pererat Hubungan Dengan Komunitas, Yayasan Mitra Indonesia Adakan Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dalam masyarakat peranan komunitas terbilang penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi. Komunitas dapat diartikan sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun temurun. Dengan adanya hubungan baik dengan komunitas, yaitu masyarakat sekitar dimana organisasi berada, akan menumbuhkan kesan baik, kepercayaan dan penerimaan yang positif antar organisasi dan komunitasnya.

Untuk itulah Yayasan Mitra Indonesia berinisiatif mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan umum dan gigi kepada masyarakat di sekitar Jl. Murni Pondok Pinang agar mempererat hubungan dan menjembatani pihak ketiga dalam memberikan penyuluhan. Setelah dua kegiatan sebelumnya tim medis Yayasan Mitra Indonesia mengadakan bakti sosial di Bantar Gebang dan Ciledug.

Kegiatan bakti sosial telah diadakan pada tanggal 22 Januari 2017 dengan target sebanyak 150 orang warga RT 04 RW 07 Jl. Murni Pondok Pinang Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Acara dimulai pukul 08.00 pagi dengan sambutan pak RT bapak Supriyadi dilanjutkan sambutan ketua Yayasan Mitra Indonesia pak Danar Bayu Crisna kemudian pembacaan doa oleh pak Haji Muntoha agar kegiatan berjalan lancar.

Sesi penyuluhan dimulai oleh tim Pepsodent Dental Expert Center yaitu drg Emma dan drg Kiki yang menjelaskan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar dan fasilitas yang ada di kantor Pepsodent Dental Expert Center dimana masyarakat umum bisa mendatangi untuk memeriksakan gigi secara gratis. Masyarakat terutama ibu-ibu terlihat antusias dengan aktif bertanya kepada dokter.

Selanjutnya mas Yoga dari bagian Mikro Bank DKI memberikan penyuluhan berupa produk tabungan, tips mengajukan kredit agar disetujui dan jenis kredit yang tersedia untuk masyarakat menengah ke bawah. Warga pun aktif bertanya mengenai persyaratan membuka tabungan dan cara mengajukan kredit. Ketika mas Yoga memberi pertanyaan sebanyak tiga kali, tiga orang bisa menjawab dengan cepat dan tepat.

Pemeriksaan kesehatan pun dimulai pukul 09.00 sesuai nomer antrian yang telah dibagikan saat melakukan pendaftaran. Mulai dari anak-anak sampai dewasa antri untuk melakukan pemeriksaan umum dan gigi. Setelah ditimbang berat badan dan diukur tekanan darah warga mendapatkan resep obat yang harus diambil di apoteker.

Sedikit demi sedikit warga mulai berdatangan untuk memeriksakan kesehatan sampai di nomer antrian terakhir 150. Walaupun cuaca yang panas tidak mengurangi antusias warga untuk datang dan berobat. Sambil menunggu antrian beberapa warga mendatangi booth Bank DKI untuk membuka rekening dan menanyakan informasi lebih detail kepada petugas yang hadir. Ada juga masyarakat yang mengisi biodata yang ditukar dengan sikat dan pasta gigi untuk gigi sensitive dari Pepsodent.

Untuk menghibur warga yang sedang menunggu, mba Novi menyanyikan beberapa lagu pop dengan iringan gitar pak Bayu. Sebagian warga yang sudah mendapatkan obat dari apoteker kemudian menukarkan nomer antrian untuk bingkisan yang berisi vitamin, obat batuk, pembalut, minyak angin, salep, pasta gigi, dan sabun.

Ketika ditanya kesan tentang kegiatan pemeriksaan kesehatan ini, pak Supriyadi menjawab merasa senang karena belum pernah ada kegiatan sosial yang dilakukan dengan gratis. Selain mendapatkan penyuluhan yang informatif warga juga bisa memeriksakan kesehatan untuk mencegah datangnya penyakit.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 dan kegiatan bakti sosial pun akhirnya ditutup. Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama berbagai pihak mulai dari tim dokter, pengurus RT di Pondok Pinang, Bank DKI, Pepsodent Dental Expert Center dan Asuransi Astra. Diharapkan dengan adanya kegiatan bakti sosial ini masyarakat dapat mendukung kegiatan operasional Yayasan Mitra Indonesia dan juga membantu masyarakat sekitar dalam memperoleh akses informasi dan pelayanan kesehatan.